بسم الله الرحمن الرحيم

MUQADDIMAH

تَبَارَكَ ٱلَّذِي نَزَّلَ ٱلۡفُرۡقَانَ عَلَىٰ عَبۡدِهِۦ لِيَكُونَ لِلۡعَٰلَمِينَ نَذِيرًا  ١

والصلاة والسلام على سيدنا محمد وعلى آله وصحَابَتِه أجمعين ، والتابعين لهم بإحسان إلى يوم الدين. أما بعد

                Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan al Furqan (Al Qur-an) kepada hamba-Nya agar menjadi peringatan bagi seluruh alam. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada  Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, kepada keluarganya dan para Sahabatnya serta para pengikutnya sampai hari kiamat.

Ikhwanil Kiram, Tujuan paling tinggi yang hendak diraih oleh seorang mu min adalah mendapatkan kemuliaan dan keutamaan di sisi Rabbnya, serta memperoleh pahala yang besar agar kelak ia termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung. Allah Subhanahu wa Ta’ala  telah menunjukkan kepada kita jalan-jalan kebaikan, dan memotivasi kita agar berlomba-lomba dalam ketaatan. Salah satu sarana terbesar untuk meraih tujuan itu adalah dengan mengambil bagian yang banyak dari al Qur-an, baik dalam bentuk membaca, menghafal, menghayati, maupun mengamalkannya.

Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ ٱلَّذِينَ يَتۡلُونَ كِتَٰبَ ٱللَّهِ وَأَقَامُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنفَقُواْ مِمَّا رَزَقۡنَٰهُمۡ سِرّٗا وَعَلَانِيَةٗ يَرۡجُونَ تِجَٰرَةٗ لَّن تَبُورَ لِيُوَفِّيَهُمۡ أُجُورَهُمۡ وَيَزِيدَهُم مِّن فَضۡلِهِۦٓۚ إِنَّهُۥ غَفُورٞ شَكُورٞ

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.  agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” QS. Faathir : 29-30

Demikian juga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menjelaskan kepada kita tentang kedudukan seorang Ahlul Qur-an (pencinta Al Qur-an) serta keutamaan mempelajari, mengajarkan, dan menghafalnya. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ

“Orang paling baik diantara kalian adalah orang yang mempelajari Al Qur-an dan mengajarkannya.” HR. Bukhari dari sahabat Utsman bin Affan radhiyallahu anhu

Ikhwanil Kiram, Salah satu faktor yang dapat mendatangkan kesenangan dan kebahagiaan adalah apabila Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan taufik kepada kita untuk dapat berkhidmat kepada Al Qur-an, yaitu dengan mulai belajar memperbaiki bacaan Al Qur-an, mentadaburinya serta menghafalkannya di manapun kita berada.

Bertolak dari pembelajaran online dan buku “Tartil” Tajwid Dasar Dengan Tabel yang telah saya susun ini, kami persembahkan kehadapan antum sebuah program perbaikan bacaan Al Qur-an yang mudah-mudahan  bermanfaat bagi kita semua didalam berikhtiar meraih kemuliaan dan keutamaan di sisi Allah Ta’ala melalui Al Qur-an yang mulia ini.

Kami memohon semoga Allah Ta’ala memasukkan kita ke dalam golongan Ahlul Qur-an yang merupakan Ahlullah (Keluarga Allah) dan orang-orang terdekat-Nya. Semoga juga Allah Ta’ala memuliakan kita dengan syafaat al Qur-an, mengangkat derajat-derajat kita di Surga, dan menjadikan kita sebagai hamba-hamba yang dikasihi-Nya. Segala puji bagi Allah, Rabb seluruh alam.

 

Demikianlah muqadimah singkat yang saya sampaikan dalam acara program kita kedepan

 

Ditulis Oleh:

Cecep Mulya Berliana (Abu Fauzan)

@ Pesantren Sabilunnajah Kab. Bandung

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here