بسم الله الرحمن الرحيم

ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ ٱلَّذِيٓ أَنزَلَ عَلَىٰ عَبۡدِهِ ٱلۡكِتَٰبَ وَلَمۡ يَجۡعَل لَّهُۥ عِوَجَاۜ  ١ والصلاة والسلام على سيدنا محمد وعلى آله وصحَابَتِه أجمعين ، والتابعين لهم بإحسان إلى يوم الدين. أما بعد

Ikhwanil Kiram, Alhamdulillah telah berlalu pelajaran kita mengenai makhraj umum yang lima, adapun sekarang, biidznillah kita akan membahas tentang Sifat-sifat Huruf.

Definisi Sifat Huruf

Menurut bahasa, sifat adalah makna yang melekat pada sesuatu baik secara hissi (indrawi/penglihatan) seperti putih dan biru, maupun secara maknawi seperti bahagia dan sabar.

Adapun menurut istilah, sifat adalah

الْحَالَةُ الَّتِي تَعْرِضُ لِلْحَرْفِ عِنْدَ النُّطْقِ

“Keadaan tertentu yang datang pada huruf tatkala mengucapkannya.”[1]

Ikhwanil Kiram, setelah kita mempelajari tempat-tempat huruf/makharijul huruf, yang berfungsi sebagai timbangan bagi huruf, sehingga dapat diketahui dimana tempat huruf yang diucapkan tersebut keluar, maka untuk menyempurnakan huruf tersebut keluar dengan baik dan benar, penting sekali bagi kita mempelajari sifat-sifat huruf nya, karena dengannya kita dapat mengetahui keadaan dan kaifiyat huruf tersebut diucapkan.

Sebagaimana yang telah diucapkan oleh Mulla Ali Qari rahimallah, didalam syarah Al Jazari beliau berkata:

اِعْلَمْ أَنَّ الْمَخْرَجَ لِلْحَرْفِ كَالْمِيزَانِ، تُعْرَفُ بِهِ مَاهِيَّتُهُ وَكَمِّيَّتُهُ. وَالصِّفَةَ كَالْمِحَكِّ وَالنَّاقِدِ تُعْرَفُ بِهَا هَيْئَتُهُ وَكَيْفِيَتُهُ

“Ketahuilah bahwa makhraj bagi huruf bagaikan timbangan, dengannya diketahui hakikat dan kedudukan huruf tersebut, dan sifat (bagi huruf) bagaikan al mihak dan naqid yang dengannya diketahui keadaan kaifiyah huruf.[2]

Mihak adalah salah satu jenis batu untuk mengetahui keaslian emas, adapun naqid ialah sejenis batu untuk mengetahui keaslian perak

 

Faidah Mengenal Sifat-sifat Huruf

Ikhwanil Kiram, dengan kita mempelajari sifat-sifat huruf tersebut, sejatinya terdapat tiga faidah apabila kita dengan seksama mempelajarinya.

yang Pertama, seseorang akan dapat membedakan huruf-huruf yang sama makhrajnya, contoh huruf ta dan tha, huruf ta dan tha berada pada satu makhraj yang sama yaitu di ujung lidah dari arah punggungnya dan menempel pada pangkal dua gigi seri atas, sekiranya dari kedua huruf ini tidak dibedakan dari sisi sifatnya maka ketika mengucapkan keduanya akan terdengar sama (contoh ta ,tha), akan tetapi apabila seseorang dapat mengenal sifat-sifat huruf maka dia akan dapat membedakan antara kedua huruf tersebut, contoh ta memiliki sifat tipis adapun tha memiliki sifat tebal. Maka dalam pengucapannya akan terlihat berbeda.

Kemudian faidah yang kedua dari kita mempelajari sifat-sifat huruf adalah untuk mengetahui mana huruf yang kuat dan mana yang lemah (seperti huruf ta, dia memiliki sifat tipis maka otomatis dia lemah, adapun tha dia memiliki sifat tebal maka otomatis dia kuat) contoh  أَحَطتُ huruf tha diidghamkan kepada huruf ta dengan tetap memunculkan sifat tebalnya sebelum beralih ke huruf ta yang memiliki sifat tipis.  Kemudian juga faidah yang lainnya adalah untuk mengetahui mana huruf yang boleh diidghamkan dan mana yang tidak boleh diidghamkan (ini, berkaitan dengan bab mitslain, mutaqaribain dan mutajanisain, yang in Syaa Allah akan kita pelajari pada waktunya nanti).

Dan faidah yang terakhir atau yang ketiga adalah untuk memperbaiki cara pengucapan huruf yang berbeda dalam makhrajnya (contoh seperti huruf qaf dan kaf)

Qaf dan kaf itu berdekatan makhrajnya, demikian juga cara pengucapannya. Ada yang sangat mencolok sekali dari kedua huruf ini yang berbeda apabila kita sudah mengenal sifat-sifat dari kedua makhraj ini. Perhatikan!

Qaf memiliki sifat : jahr (Jelas), isti’la (naiknya suara ke langit-langit), dan Qalqalah (memantul).

kaf memiliki sifat :  Hams (samarnya suara), dan Istifal (tidak naiknya suara ke langit-langit)

 

Demikian muqadimah pembahasan sifat-sifat huruf pada kesempatan kali ini.

 

Ditulis dan disusun oleh

Cecep Mulya Berliana (Abu Fauzan)

 

[1] Dirasatul Makharij was Shifat, (hal. 124)

[2] Ahkam Qira-atil Qur-anil karim (hal. 77)

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *